Welcome to our online store

Rabu, 05 September 2012

MAN KENDAL DALAM LINTASAN SEJARAH


Cikal bakal MAN  Kendal tidak lepas dari para pendiri dan tokoh masyarakat, yang terkaukus menjadi tiga unsur, yakni ulama, praktisi pendidikan/tokoh masyarakat dan muspida.
- dari unsur  ulama   =   Bp. K.H.A.  Abdul Chamid, dan Bp. Ky. Achmad Slamet
- dari unsur  praktisi pendidikan  = Bp. Djauhari, SH,  dan Drs. H. Abdul Karim Husain
- dari unsur   Muspida  =  Aparat Pemerintah Dati II Kendal
Berdasarkan  SK Menteri Agama  nomor :14 tahun 1969 tanggal 4 Februari 1969 terbentuklah Tim / panitia pendiri Sekolah Persiapan IAIN Al-Djami’ah di Kendal yang diketuai oleh Bapak K.H.A. Abdul Chamid ( Kepala Perwakilan Departemen Agama Kabupaten Kendal ). Sedangkan sekretaris dijabat Bp. Mukrom Ubaidi, BA ( Kepala Dinas Pendidikan Agama Kabupaten  Kendal ) dengan  pelindung MUSPIDA Kabupaten Kendal.
Setelah itu turun SK Menteri Agama  nomor 153 tahun 1969 tanggal 8 November 1969, tentang perubahan Status, dari SWASTA menjadi Sekolah Persiapan (SP)IAIN Al- Djami’ah NEGERI di bawah pembinaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kemudian turun SK Menteri Agama nomor 38 tahun 1974 tanggal 21 Mei 1974, yang mengatur bahwa pembinaan Sekolah Persiapan IAIN Al – Djami’ah Kendal dialihkan dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kepada IAIN Walisongo Semarang.
Dan sejak tanggal 16 Maret 1978 SP IAIN Al – Djami’ah Kendal beralih fungsi menjadi       ( MAN KENDAL ) Madrasah Aliyah Negeri Kendal, yang dikuatkan  dengan turunnya SK Menteri Agama  nomor 17 tahun 1978 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Madrasah Aliyah Negeri.
Pada permulaan berdirinya, madrasah ini ibarat bayi yang baru lahir. Belum banyak  yang bisa diperbuat. Saranananya pun masih serba terbatas termasuk  belum memiliki gedung. Saat itu MAN Kendal masih numpang gedung GP  Anshor yang terletak di Jl. Pahlawan No. 1 Kendal.  ( Sekarang  digunakan SMA  Al-Hidayah  Kendal ). Di lain pihak  masyarakat belum banyak yang mengenalnya. Penggemarnya pun masih sedikit, karena memang  madrasah ini pada awalnya didesain dan terfokus  pada siswa yang akan melanjutkan ke IAIN, bukan ke perguruan tinggi yang lain.  
Berkat kegigihan, kesabaran  dan motivasi yang tinggi serta semangat  juang tanpa pamrih    para  pendahulu  madrasah ini akhirnya tahun demi tahun   madrasaah ini dapat berkembang pesat. Lebih-lebih setelah  beralih fungsi menjadi MAN Kendal.
Perkembangan selanjutnya pada tahun 1984, MAN  Kendal dijadikan modal dasar Yayasan Islamic Centre Pemerintah Daerah Kab. Kendal  sehingga lahirlah  madrasah-madrasah yang lain  seperti : Roudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah dan  Madrasah Tsanawiyah. Semua itu menempati tanah milik  Pemda Dati II Kendal  yang terletak di Kompleks Islamic Centre  Kabupaten Kendal  ( di Desa Bugangin Kendal ).
Satu hal yang membanggakan, pada kurun waktu sampai dengan  tahun 1990 MAN Kendal dipercaya sebagai induk  pelaksanaan Ujian beberapa Madrasah Aliyah yang  berada di luar  kota Kendal, yang meliputi Salatiga, Jepara, Purwodadi dan Demak.  Setelah  di kabupaten tersebut berdiri Madrasah Aliyah Negeri maka  Penyelenggaraan Ujian  diserahkan pengelolaannya  kepada   MAN di masing-masing kabupaten.
Madrasah Aliyah Negeri Kendal merupakan satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kabupaten Kendal ( tidak ada MAN II Kendal ). Letak madrasah ini di Jalan Raya Barat Kelurahan Bugangin Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal. Lokasinya terbagi menjadi dua bagian, utara dan selatan, yang dipisahkan oleh perumahan penduduk  sepanjang lebih kurang 300 meter.
Sebagai sebuah madrasah negeri, fasilitas fisik MAN Kendal dapat dikatakan cukup memadai. Fasilitas tersebut meliputi 30 ruang kelas, 2 ruang kantor, 2 ruang guru, 2 ruang BP, 2 ruang UKS, ruang OSIS, ruang koperasi siswa, 2 buah laboratorium Bahasa, perpustakaan, multimedia, Laboratorium fisika, biologi, kimia dan Komputer dengan 87 tenaga pengajar. Adapun jurusan yang dilaksanakan adalah Bahasa, IPA, dan IPS. Mata pelajaran yang diberikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal merujuk pada kurikulum  di sekolah umum, dengan penambahan beberapa mata pelajaran keagamaan, seperti Al Qur’an Hadits, Fiqih, SKI, Aqidah Akhlaq, dan Bahasa Arab.
Madrasah ini sejak 1989 merupakan satu-satunya MAN di Jawa Tengah yang ditunjuk menjadi pengelola Whorkshop Keterampilan melalui proyek UNDP. Bidang keterampilan yang dikelola meliputi keterampilan Elektronika, Tata Busana, dan Otomotif. Masing-masing bidang keterampilan ini dilaksanakan dalam dua proses pembelajaran, yaitu Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler, dengan kualifikasi semi- skill worker atas dasar kejasama dengan Balai Latihan Kerja Industri ( BLKI ) Semarang serta  kerjasama dengan  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi wujud dari kerjasama tersebut  terbentuklah  LPK Mandiri  MAN  Kendal.
Disamping hal diatas, bedasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama tanggal 20 Februari 1998 nomor            F.IV/PP.00.6/KEP/17.A/98 Madrasah Aliyah Negeri Kendal ditetapkan sebagai satu diantara Madrasah Aliyah Negeri Model ( percontohan ) di Jawa Tengah, selain MAN Magelang.
Sebagai madrasah model, MAN Kendal memiliki beberapa fasilitas tambahan penunjang pembelajaran yang relatif lebih lengkap dibandingkan dengan Madrasah Aliyah Negeri pada umumnya. Salah satu fasilitas itu berupa Pusat Sumber Belajar       Bersama ( PSBB ). Melalui fasilitas ini diberikan kesempatan bagi madrasah lain untuk memanfaatkan fasilitas pembinaan yang tersedia di dalamnya dalam rangka peningkatan mutu Madrasah.
Bentuk nyata dari PSBB adalah penyelenggaraan penataran/pelatihan bagi guru-guru madrasah di Jawa Tengah bagian utara, yang dilengkapi dengan Aula, Asrama, laboratorium khusus untuk perangkat elektronik (audio-visual), dan perpustakaan.
Mencermati kebutuhan pasar kerja dan tuntutan kemajuan teknologi, MAN Kendal memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada untuk membekali siswanya dengan keterampilan komputer dan internet. Hal ini direalisasikan mulai Juli 2001, melalui pendirian warung internet ( Warnet ) di bawah pengelolaan Instalasi Laboratorium Komputer Madrasah Aliyah Negeri Kendal.
Keberadaan Warnet memang belum difungsikan secara komersial untuk kalangan umum. Artinya, sampai saat ini baru difungsikan untuk kebutuhan pelatihan siswa Madrasah Aliyah Negeri Kendal. Penggunaanyapun masih terbatas pada akses bersama untuk pengenalan teknologi Internet.
Perkembangan terakhir  di bidang informasi  komunikasi, MAN  Kendal  telah melengkapi  sarana perpustakaannya dengan Sistem Komputerisasi  Perpustakaan  yang dilengkapi dengan Multimedia. Dan pada  awal bulan Oktober 2006 MAN  Kendal  mendapat bantuan    seperangkat Laboratorium Komputer  lengkap dari Departemen Pendidikan Nasional Pusat.
Sampai dengan  saat ini sarana prasarana MAN  Kendal cukup memadai. Upaya kedepan tinggal meningkatkan  kualitas mutu pendidikan yang bertujuan  untuk memenuhi atau melampui   Standar Nasional Pendidikan. Hal ini  dilakukan  secara bertahap, sistematis, terencana dan tentunya memiliki target dan kerangka waktu yang jelas. 
Pejabat Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kendal :

No
N A M A
TAHUN
JABATAN
dari
sampai
1.
Jauhari S.H
1968
1972
SP IAIN Sunan Kalijaga
2
Drs. Abdul Karim Hussein
1972
1975
SP IAIN Sunan Kalijaga
3
Drs. Abdul Wahab
1975
1980
SP IAIN Walisongo
4
Supardi, B.A
1980
1982
Ymt.Ka MAN Kendal
5
Moh. Thohar B.A
1982
1984
Kepala MAN  Kendal
6
H. Ghafar Ismail
1984
1991
Kepala MAN  Kendal
7
H. Supardi, B.A
1991
1996
Kepala MAN  Kendal
8
Drs.H.Soekarjanto
1996
2000
Kepala MAN  Kendal
9
Drs.H.Muhamad Asyiq
15-5-2000
17-2-2001
Kepala MAN  Kendal
( Sekarang Wakil Bupati Demak )
10
Drs.H.Mohamad Sholeh, M.Ag
27-2-2001
27-9-2005
Kepala MAN  Kendal
11
Drs.H.Achmad Sholeh, M.Ag
17-9-2005
28-12-2010
Kepala MAN  Kendal
12
Drs.H.Kasnawi, M.Ag
29-12-2010
sekarang
Kepala MAN  Kendal
             Demikian sejarah singkat berdirinya  MAN Kendal yang kita banggakan ini semoga para pendahulu  Madrasah ini mendapatkan  tempat yang layak dan pahala yang berlipat ganda dan kita dapat meneruskan perjuangan belio, menjaga amanat Madrasah ini  dengan sebaik baiknya.  Semoga  Allah senantiasa memberikan petunjuk dan binbingan Nya , Amin….
Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Contact Online

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. SILAT SPORT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger