Welcome to our online store

Selasa, 08 Januari 2013

TUNJUNGHARJO KECAMATAN TEGOWANU


Letak Geografis Kecamatan Tegowanu 
Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan memiliki relief daerah pegunungan kapur dan perbukitan serta berada pada ketinggian sampai 50 meter di atas permukaan air laut dengan kelerengan 0° - 8°. Kecamatan Tegowanu teletak di bagian paling barat dan merupakan perbatasan antara Kabupaten Grobogan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Demak.  Detail peta Kecamatan ini dapat ditelusuri melalui Google Maps, atau silakan klik disini.
Adapun potensi di wilayah kecamatan ini meliputi hasil-hasil Pertanian (padi, palawija), Perkebunan (Tembakau), Perikanan (ikan lele), Peternakan (sapi, kerbau, ayam buras dan non ras).
'Tego'= Tegel/tega, 'Wanu'= Wani/berani. Tegowanu= Tega dan Berani.  Berasal dari 3 desa (Tegowanu, Tegowanu Tengah, dan Tegowanu Wetan) yang masuk dalam 2 Kabupaten (Kab. Demak dan Kab. Grobogan). Penduduk semula hidup rukun, kemudian terjadi sengketa dalam pembuatan Kali Jragung, lalu terpecah menjadi dua wilayah. Ds Tegowanu berubah menjadi Ds Sidorejo, masuk Kab. Demak. Ds Tegowanu Tengah berubah menjadi Ds Tegowanu Kulon dan Ds Tegowanu Wetan, masuk Kab. Grobogan.
Kecamatan Tegowanu sebagaimana kecamatan lain di Grobogan terbentuk bersama-sama dengan terbentuknya Kabupaten Grobogan yaitu berdasarkan UU No. 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten di lingkungan Propinsi Jawa Tengah. 

Luas Wilayah Kecamatan Tegowanu 
Secara administratif Kecamatan Tegowanu terdiri dari 18 Desa, 238 RT, dan 56 RW dengan ibukota berada di Desa Tegowanu. Kecamatan ini mempunyai luas 51,67 Km2 dengan jumlah penduduk pada Tahun 2009 sebanyak 50.112 jiwa, sebagaimana tabel di bawah ini.
kec_tegowanu-1

Aspek Umum Kecamatan Tegowanu
Tahun 2009, Produksi pertanian terbesar di Kecamatan ini dicapai melalui komoditas Padi yang mencapai 33.175 ton, dibandingkan dengan produksi pertanian lainnya. Namun demikian produksi ini belumlah besar, yaitu baru mencapai 4,67% dari total produksi di Kabupaten Grobogan yang mencapai 710.091 ton. 
Produksi perikanan dari perairan umum mencapai 33.686 Kg, di atas produksi perikanan yang dikembangkan di kolam-kolam ikan, yang hanya mencapai 4.175 Kg. Sedangkan untuk peternakan, jumlah ternak kambing mencapai 1.004 ekor, di atas ternak sapi potong yang mencapai 234 ekor. 
Industri yang berkembang masih didominasi industri rumah tangga yang mencapai 465 unit, industri kecil mencapai 42 unit, dan insdustri sedang baru 5 unit. Untuk industri besar belum berkembang di kecamatan ini. Selanjutnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
kec_tegowanu-2
Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Contact Online

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. SILAT SPORT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger