Welcome to our online store

Rabu, 11 Mei 2011

Pendidikan Karakter Juga Masuk ke Ekstrakurikuler

TEMPO Interaktif, Jakarta - Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengatakan, pendidikan karakter akan semakin dikuatkan implementasinya pada tahun ajaran baru 2011/2012. Pendidikan karakter itu nantinya dimasukkan ke setiap mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.

”Mulai dari PAUD (pendidikan anak usia dini) hingga perguruan tinggi,” ujar Nuh dalam jumpa persnya di kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Senin, 2 Mei 2011.

Menurut Nuh, implementasi penguatan pendidikan karakter tidak dalam bentuk mata pelajaran baru, melainkan penguatan dari mata pelajaran yang ada serta membangun kultur sekolah. “Kekerasan anarkis belakangan ini buah dari pemikiran radikal. Maka, pemikiran harus dilawan pemikiran,” ujarnya. Karena itu, kata Nuh, ”Di sini pentingnya menunjukkan urgensi pendidikan karakter.”

Bentuk pendidikan karakter, kata mantan rektor Institut Teknologi Surabaya itu, bisa berupa pelatihan guru hingga kurikulum. Dia menegaskan, karakter bukan hanya ranah kognitif, tapi afektif dan motorik. ”Tak cukup hanya di kelas, tapi juga dikembangkan lagi budaya di sekolah, masyarakat, dan keluarga,” katanya.

Namun, Nuh menekankan, pendidikan karakter ini digalakkan bukan karena maraknya paham Negara Islam Indonesia (NII) di sekolah dan kampus. Konsep pendidikan karakter itu sendiri telah disiapkan sejak 2010 lalu.

Nuh mencontohkan, salah satu cara untuk mencegah tersebarnya pemikiran radikalisme adalah dengan menekankan pentingnya keilmuan. Misalnya, dialog, kajian, juga penelitian di sekolah dan kampus-kampus. Dengan begitu, kata Nuh, "Masyarakat dengan keilmuan akan lebih tinggi rasionalitasnya dari pikiran anarkis dan radikal.” Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Contact Online

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. SILAT SPORT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger